POLA HIDUP SEHAT SAAT AKB (ADAPTASI KEBIASAAN BARU)


POLA HIDUP SEHAT SAAT AKB (ADAPTASI KEBIASAAN BARU)

Oleh Abdul Latief










Beberapa bulan lalu, pemerintah menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah guna mencegah penyebaran virus corona. Kini pemerintah sudah melonggarkan aturan tersebut dan memperbolehkan masyarakat untuk beraktivitas diluar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna menghadapi masa transisi atau adaptasi kebiasaan baru. Saat ingin melakukan aktivitas diluar rumah kembali, tentu kita  harus dalam kondisi sehat jasmani.

Salah satu cara menjaga pola hidup sehat adalah dengan menjaga pola makanan sehat. Biasanya saat dirumah kita melakukan kreasi makanan atau bereksperimen dari resep yang belum pernah dicoba. Selain bergizi, juga dapat menghemat pengeluaran harian. Selain itu, selalu mengonsumsi air putih 8 gelas sehari agar tubuh tidak mudah dehidrasi.

Kemudian, selalu beristirahan yang cukup. Kita biasa bekerja dari pagi hingga malam, tentu membuat fisik kita akan lelah. Biasakan beristirahan tidur minimal 7-8 jam, hal ini dilakukan untuk menjaga metabolism dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, selalu memperhatikan protokol kesehatan. Meskipun pemerintah telah mengizinkan beraktivitas diluar rumah, namun protokol kesehatan. Salah satunya dengan selalu menggunakan masker saat diluar, dan tetap dirumah apabila sedang sakit. Selain itu, selalu mencuci tangan dan membawa Hand Sanitizer setelah bersentuhan dengan benda disekitar kita, dan selalu menerapkan aturan Social Distancing.

Kemudian hal yang terpenting adalah menjaga Kesehatan Fisik. Orang yang memiliki imun yang lemah akan sangat rentang terserang virus, tidak terkecuali virus corona. Cara mudah agar tubuh selalu sehat adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, melakukan kegiatan berolahraga minimal dua kali dalam seminggu. Jika kita sering melakukan kegiatan ini, tubuh akan terasa lebih bugar dan sehat.

Komentar